(SoundCloud) Kilasan Pilkada Aceh

Pilkada Aceh 2011
Mewujudkan Aceh SALUT Agar Tidak KALUT
Melalui Pemimpin AMPUH

Hai, Apa kabar semuanya. Semoga semua dalam keadaan baik dan tetap penuh inspirasi.
Assalumu’alaikum Wr. Wb.

Kini kita bertemu kembali di Saluran Suara Awan (SoundCloud) The Aceh Spirit, bersama saya Risman A Rachman dalam program Kilasan Pilkada Aceh 2011.

Para pendengar yang inspiratif

Jika tidak ada aral melintang, tidak lama lagi Aceh akan menggelar hajatan demokrasi lima tahunan, yang biasanya dikenali dengan Pemilihan Umum Kepala Daerah. Atau disingkat dengan Pilkada. Ada juga yang menyebut Pemilukada atau Pilkadasung.

Ini, Pilkada kedua usai Aceh melewati masa paling sulit dalam sejarah perjalanannya sebagai sebuah Nanggroe yang bersejarah. Itu artinya, nilai Pilkada kali ini masih sangat penting untuk memastikan masa transisi Aceh bisa dilewati dengan berhasil.

Konsekuensinya adalah keharusan segenap rakyat Aceh untuk benar-benar serius mencermati, meneliti, dan menimbang sosok pemimpin yang bisa membangun “jembatan” masa depan agar semua rakyat Aceh dapat mencapai tujuannya, yakni Aceh Salut. Salut adalah singkatan untuk sejahtera, aman, lestari, unggul, dan tentram dalam spirit keislaman dan keacehan sebagai prasyarat terbangunnya perdamaian yang abadi.

Sudah menjadi keniscayaan semua kandidat di 17 kabupaten/kota ditambah provinsi akan berpikir menang dalam kompetisi Pilkada yang bisa jadi akan digelar secara serentak terhitung April 2011 ini. Namun, yang namanya kompetisi pasti hanya akan muncul satu pemenang saja.  Bisa jadi itu lah sebabnya semua kandidat akan berpikir keras untuk menemukan cara memenangkan kontes pemilihan.

Satu cara yang saat ini sedang banyak dilirik adalah dengan menggunakan jasa konsultan politik. Berbagai proposal pendampingan kandidat bisa jadi sudah mulai dimasukkan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan kerja pendampingan sudah dimulai dengan pendekatan aktivitas sosialisasi dan publikasi hasil survey, misalnya.

Tidak ada yang salah karena itu juga satu alternative untuk mencapai kemenangan. Terbukti, sebahagian besar kepala daerah yang menang pada Pilkada tahun 2010 adalah hasil kerja pendampingan dari berbagai konsultan politik yang umumnya menggunakan pendekatan marketing politik.

Hanya perlu diingat dan mungkin bisa menjadi catatan kunci bahwa saat ini ada 175 kepala daerah yang sedang tersangkut masalah hukum terkait korupsi, 17 diantaranya adalah gubernur.  Besar dugaan itu akibat biaya politik tinggi. Bayangkan, untuk sekedar survey bisa menghabiskan biaya 100 – 500 juta. Untuk mempengaruhi pemilih lewat media bisa menghabiskan biaya 5-10 milyar/bulan ditambah biaya pencitraan yang bisa mencapai 20 milyar.  Besarnya modal awal ini tentu bisa dibayangkan efeknya ke depan terhadap kinerja sang kepala daerah.

Tidak adakah jalan apresiatif sebagai alternatif lain dari jalan defisit agar bukan menangnya yang menjadi jauh lebih penting melainkan sosok pilihan semua yang lebih diutamakan. Tentu semua akan bahagia, baik yang menang maupun yang “kalah” dalam Pilkada bila kita semua dan secara bersama bisa mewujudkan apa yang disebut dengan Aceh Impian.

Sungguh, Aceh SALUT (Sejahtera, Aman, Lestari, Utama, dan Tenteram) tidak akan lagi membuat kita KALUT (Konflik, agitatif, lemah, urakan, dan takut) karena kita sudah punya pemimpin yang AMPUH ( Amanah, Mampuni, Peduli, dan Uswatun Hasanah) yang bisa kita hasilkan dari Pilkada yang hebat, hemat, dan hormat tentunya.

Demikian program Lintasan Pilkada Aceh 2011, sampai jumpa di lain waktu.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Saleum RControl

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: