Trik Uji Dukungan untuk Kandidat, Riil atau Dusta

(Untuk Para Balon Kepala Daerah)

Dalam musim Pemilukada keboongan dan kenyataan, kadang jadi tipis. Ada cara praktis untuk menguji dengan cepat, misalnya untuk orang atau kelompok yang menyatakan dukungannya. Cara lihat orang ramai, rapat besar, bisa sangat menipu. Caranya:

1. Tanya saja dengan cepat “berapa jumlah kalian.” Bagi pemboong akan menjawab “Banyak.” Bagi yang jujur pasti menjawab dengan angka yang menunjukkan jumlah. Rahasia psikologinya dibuka usai Pemilukada.

2. Tanyakan dengan cepat satu pertanyaan yang mengorek keterangan tokoh. Tapi tanyakan tokoh fiktif. “Itu, siapa ya lupa. Tengku yang sudah naik haji dua kali. Duh, itu yang istri mudanya orang Banda. Aduhh…” Jika ia ikut berpikir terus maka dia bukan orang potensial terkait dukung mendukung. Rahasia psikologinya dibuka usai Pemilukada.

Dua triks ini bisa membantu anda untuk segera memperlakukannya dengan tepat tapi tetap baik. Artinya, cukup kasih uang ongkos pulang jika anda sampai pada simpulan bahwa dia atau ini kelompok sedang cari belanjaan saja alias dusta.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: