Project – Change Aceh Mindset

PROPOSAL PROJECT
CHANGE ACEH MINDSET PROJECT
CAM PROJECT – KATA INSTITUTE

I. Nama Proposal

Change Aceh Mindset Project (CAM Project)

II. Proposal Backgroun
Proposal ini dibuat sebagai bahan pertimbangan pihak-pihak yang bersedia membantu Aceh keluar dari problem keacehan pasca konflik dan bencana. Proposal ini menjelaskan mengapa CAM project penting untuk didukung dan manfaat apa yang bisa diperoleh oleh Aceh dan pihak pendukung dari CAM project.

Project yang dilaksanakan dalam jangka waktu dua tahun ini akan dilaksanakan di daerah Aceh Utara dan Aceh Barat sebagai pilot project. Kemudian akan dikembangkan lebih luas diberbagai daerah dalam wilayah Provinsi Aceh. Pilihan lokasi project di Aceh Utara karena daerah ini merupakan salah satu daerah paling rawan konflik pada masa lalu. Sedangkan Aceh Barat merupakan daerah yang relatif tidak rawan konflik.

Project ini akan menjadikan generasi muda (sekolah dan belum berkerja) sebagai kelompok sasaran project. Karena itu, project ini akan diterapkan di 3 sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) yang ada di tiga daerah kecamatan dalam wilayah administrasi Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Barat. Disamping pelajar SLTA project ini juga diterapkan untuk pemuda dan pemudi yang belum bekerja namun memiliki keinginan awal untuk menjadi pribadi kreatif.

Seluruh kegiatan project akan dijalankan dengan dua metode utama. Pertama, melakukan survey awal untuk menemukan problem kunci yang dihadapi oleh generasi pelajar dan pemuda terkait pandangan hidup mereka kaitannya dengan pengaruh masa lalu dan perspektif masa depan mereka. Hasil survey yang akan dijalankan selama tiga bulan ini menjadi basis utama untuk merancang metode dan konten modul pelatihan Change Aceh Mindset.

Project ini di dukung oleh tim ahli yang memiliki kemampuan dalam bidang survey, metodologis, analisis, dan training Change Mindset. Tim terdiri dari sejumlah ahli yang tidak terikat dengan tempat asal dan sejumlah putra-putri Aceh agar terjadi pertukaran keahlian yang akan berguna bagi pengembangan project lebih lanjut berdasarkan daya dukung keacehan sepenuhnya.

Proposal ini diajukan oleh Yayasan Katahati, sebuah lembaga nirlaba yang selama ini aktif dalam pendampingan dan penguatan masyarakat termasuk dalam advokasi kebijakan di Aceh.

III. Pendahaluan
Setelah Aceh keluar dari konflik yang berkepanjangan kini Aceh sepenuhnya berada pada masa-masa membangun. Ketertinggalan Aceh akibat konflik dan kemudian bencana semakin menambah besarnya tuntutan percepatan pembangunan Aceh.

Namun lamanya rakyat Aceh hidup dalam konflik tidak serta merta membuat Aceh bisa memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk membangun (kebijakan, anggaran, dan dukungan luar).

Kebutuhan sumberdaya manusia yang handal (terampil, professional, dan memiliki jiwa sukses) mutlak diperlukan untuk mendukung percepatan pemulihan dan pembangunan Aceh. Bagaimana pun masa dukungan di masa konflik dan bencana yang diperoleh Aceh dari dunia luar akan berakhir. Daya tumpu dan dukung dari manusia Aceh sendiri menjadi kata kunci maju dan suksesnya Aceh dalam meraih masa depan yang di cita-citakan.

IV. Project Background
Project ini bertolak dari kerangka teori bahwa semua manusia adalah pribadi yang bisa dan sangat mungkin untuk sukses. Sebagai makhluk yang dianugerasi akal dan jiwa manusia memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Dan melalui suatu pendekatan Change Mindset potensi sukses pada diri setiap orang dapat di angkat dan dimaksimalkan.

Aceh adalah daerah yang memiliki banyak catatan tentang keberhasilan dalam semua lapangan kehidupan. Kejayaan Aceh di zaman dahulu bisa menjadi indicator bahwa manusia Aceh adalah pribadi-pribadi yang memiliki pikiran dan jiwa sukses. Tidak hanya dalam hal politik dan ekonomi saja melainkan juga maju sebagai sebuah peradaban.

Sayangnya, zaman perang kolonial telah membuat mindset sukses yang dimiliki Aceh bergeser dari waktu ke waktu sehingga jiwa perlawanan menjadi sangat dominan dalam pribadi orang Aceh.

Banyaknya catatan sejarah tentang perlawanan Aceh terhadap Republik Indonesia menjadi indicator betapa kuatnya jiwa perlawanan yang ada dalam diri orang Aceh. Akibatnya, dari waktu ke waktu Aceh tidak memiliki kesempatan yang cukup untuk mendidik sumberdaya Aceh agar menjadi manusia yang memiliki kualifikasi untuk sukses dalam hidup dan sukses juga dalam membangun daerah.

Karena itu menjadi sangat penting dan mendesak untuk dilakukan satu pendekatan pendidikan yang praktis yang bisa menjawab kebutuhan Aceh akan sumberdaya yang handal. Salah satunya bisa ditempuh melalui Aceh Mindset Project untuk tujuan menumbuhkan generasi baru Aceh yang terbebas dari jiwa perlawanan tanpa mesti kehilangan sikap kritis dan sekaligus menjadi diri yang berpikir sukses tanpa harus terikat dengan bantuan lagi.

V. CAM Project (Tujuan, Sasaran, dan Dampk)
CAM Project bertujuan untuk membantu menjaga perdamaian Aceh melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang memiliki carapandang sukses sebagai prasyarat penting dalam pembangunan. Untuk itu ada dua sasaran utama dari project ini yakni:

1. Mengubah carapandang generasi muda agar kembali memiliki carapandang sukses sebagai orang Aceh
2. Sebagai pilot project untuk melakukan chande mindset yang lebih luas di berbagai daerah Aceh
Adapun dampak yang diharapkan dari CAM Project adalah tersedianya pribadi kreatif, inovatif, inspiratif dan menjadi pemuda pelopor dalam mengisi pembangunan Aceh.
Indikator keberhasilan: Tersedianya 450 orang generasi muda (300 orang perempuan dan 150 orang laki-laki) yang menjadi Pemuda Pelopor yang menjadi teladan bagi masyarakat Aceh di wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Barat.

VI. CAM Project (Perspektif, Metode, dan Proses)
Change Aceh Mindset Project (CAM Project) adalah sebuah project berbasis training peningkatan kualitas sumberdaya manusia dengan metode menggali, mengenali, dan mengangkat potensi yang ada dalam diri manusia itu sendiri, yakni carapandang, akal, atau pikiran. Melalui metode training pengenalan diri, motivasi, afirmasi, menulis, dan teknik-teknik psikologi lainya bisa mendorong perubahan terjadinya perubahan cara pandang pada peserta training.

Training ini akan dilakukan dalam tiga tahapan proses, yakni:
1. Tahapan Survey. Melalui survey akan dilihat pola pikir kelompok sasaran tentang dirinya, tentang hidupnya, tentang lingkungannya, tentang masa lalunya dan tentang masa depannya, termasuk melihat bagaimana cara kelompok sasaran merespon semua itu. Hasil survey akan dijadikan basis dukungan bagi peyusunan modul training CAM Project.
2. CAM Project Training. Tahapan ini akan dilakukan melalui aktivitas Workshop Penyusunan Modul yang diikuti oleh Tim CAM Project yang sebelumnya sudah melakukan survey pendahuluan. Workshop juga melibatkan pihak perguruan tinggi, pemerintah dan NGO local untuk mendapat masakukan lebih dalam terkait hasil survey. Hasil workshop ditindaklanjuti di tingkat lebih lanjut yakni Temu Penyusunan Modul yang sepenuhnya dilakukan oleh TIM CAM Project. Terakhir akan dilakukan CAM Training di sekolah dan kampong berkerjasama dengan pihak sekolah dan pemerintah setingkat kecamatan, mukim, dan gampong (desa).
3. Monitoring dan Evaluasi. Monitoring akan dilakukan dengan metode monitoring partisipatif dengan melibatkan peserta itu sendiri untukmengetahui tingkat pencapaian, kemajuan, dan kendala serta rekomendasi tindaklanjut. Sedangkan evaluasi akan dilakukan usai project dilaksanakan. Evaluasi akan dilakukan oleh Tim Pendukung Dana dan Pelaksana Project dengan suatu metode yang disepakati bersama. Hasil evaluasi sekaligus menjadi bahan refleksi dan penyusunan aksi lebih lanjut.

VII. Jadwal Pelaksanaan CAM Project
CAM Project akan dilaksanakan pada bulan Juni 2010 dalam kurun waktu project dua tahun. Oktober 2010 sd September 2012 (Tentatif)

VIII. Anggaran Biaya
Jumlah anggaran biaya yang diajukan adalah sebesar 2,5 Milyar (Rincian Anggaran Terlampir)

IX. Organisasi Pelaksana
CAM Project akan dipayungi oleh lembaga berbadan hukum Yayasan yakni Yayasan KATA Institute.

Pofil Katahati di sini dan di sini

X. Penutup
Demikianlah, atas perhatian dan dukungannya kami sampaikan terimakasih
Saleum

E-mail kontak: katainstitute@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: